Di India Ada Asosiasi Orang Mati dan Ternyata Mereka Hidup

Orang mati tidak bisa memiliki tanah. Fakta itu telah mengakibatkan banyak sekali orang di India yang didaftarkan sebagai almarhum dan kemudian harta bendanya disita.

Para korban kasus ini mendapati bahwa tidak banyak yang bisa mereka lakukan, tulis wartawan BBC, Chloe Hadjimatheou.

Padesar Yadav masih hidup dan sehat-sehat saja, jadi ia kaget ketika menemukan bahwa ia sudah meninggal dunia - setidaknya di atas kertas.

Pada penghujung usia 70-an tahun, setelah kematian putri dan menantunya, ia harus membesarkan dua orang cucu. Jadi, untuk membiayai hidup dan pendidikan mereka, ia menjual tanah warisan mendiang ayahnya di desa tempat ia dilahirkan.

Beberapa bulan kemudian ia menerima panggilan telepon yang sangat aneh.

"Orang yang membeli tanah saya mengatakan ada gugatan hukum terhadap saya. Dia bilang keponakan saya memberi tahu semua orang bahwa saya sudah meninggal dan seorang penipu telah menjual tanah itu."

Yadav langsung berangkat dari Kolkata, tempat tinggalnya sekarang, ke desa kelahirannya di distrik Azamgarh, negara bagian Uttar Pradesh. Ketika ia tiba di sana, orang-orang kaget melihatnya.

"Mereka menatap saya seperti sedang melihat hantu dan berkata, `Kamu sudah mati! Ritual berkabung untukmu sudah dilakukan!`"

Yadav berkata bahwa ia dan sang keponakan pernah akrab dan pria yang lebih muda itu kerap mengunjunginya saat ia ke kota. Namun ketika Yadav memberi tahu sang keponakan tentang rencana untuk menjual tanah keluarga, ia berhenti mengunjungi Yadav.

Yadav kini mengetahui bahwa sang keponakan mengklaim tanah itu sebagai warisannya. Jadi Yadav menemuinya.

"Dia bilang, `Saya tidak pernah melihat orang ini seumur hidup saya. Paman saya sudah meninggal.` Saya sangat syok," kata Yadav. "Saya bilang, `Tapi saya di sini, masih hidup, berdiri di depan kamu, bagaimana bisa kamu tidak mengenali saya?`"

Lihat Juga

Yadav mengatakan ia menangis berhari-hari tetapi kemudian menguatkan dirinya dan menelepon Asosiasi Orang Mati India.

Organisasi itu dipimpin oleh Lal Bihari Mritak, seorang laki-laki usia 60-an tahun yang paham betul pengalaman Yadav.

Bagaimana tidak, ia menjalani sepertiga masa hidupnya sebagai "orang mati."

Bihari berasal dari keluarga yang sangat miskin. Ia tidak pernah belajar membaca atau menulis karena sejak usia tujuh tahun ia sudah disuruh bekerja di pabrik sari.

Pada usia 20-an tahun ia membuka pabrik tekstil kecil-kecilan di kota sebelah, namun membutuhkan pinjaman untuk memulai bisnis dan bank mensyaratkan jaminan.

Ia kemudian pergi ke kantor pemerintah lokal di desanya, Khalilabad, juga di distrik Azamgarh, berharap untuk mendapatkan akta untuk tanah yang ia warisi dari ayahnya.

 

Lal Bihari MritakBBCLal Bihari Mritak mengenakan bendera Asosiasi Orang Mati, organisasi yang ia dirikan untuk membantu orang-orang yang dinyatakan meninggal dunia saat masih hidup.

Akuntan desa mencari namanya dan menemukan dokumen-dokumen tersebut - namun, ia juga menemukan sertifikat kematian yang menunjukkan bahwa Lal Bihari sudah meninggal.

Protes Bihari bahwa ia tidak mungkin sudah meninggal karena ia berdiri di sana tidak digubris.

0 Response to "Di India Ada Asosiasi Orang Mati dan Ternyata Mereka Hidup"

Post a Comment